Selasa, 26 Mei 2015

WISATA PROVINSI LAMPUNG


SUOH, SECUIL SURGA TERSEMBUNYI

pernahkah kalian mendengar “eksotisme sepotong surga” yang sering melekat di salah satu kabupaten di Provinsi Lampung, Ya Lampung Barat. Gambaran Geografis kabupaten ini terbilang unik, wilayah seluas 4950,40 km² ini menawarkan banyak keindahan di setiap serpihan buminya. the origin of  Lampung kalau kata si Bule.





satu tempat yang masih sangat alamiah untuk disambangi dan tak cukup didedahkan indahnya jika belum ke sana, cukuplah pujian Eksotisme Secuil Surgaagar tak berlebihan disematkan untuk tempat itu.

Pesona Suoh


Danau Suoh terletak di Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, sekitar 250 kilometer dari Bandar lampung atau 40 kilometer dari Kota Liwa. Untuk mencapai obyek wisata yang berada pada ketinggan 1.200 meter diatas permukaan air laut ini dapat ditempuh melalui beberapa Rute. Rute pertama, dari Kabupaten Tanggamus melalui Kecamatan Wonosobo sejauh 60 kilometer. Sedangkan rute lainnya dapat melalui Kecamatan Sekicau atau Kecamatan Batu Brak.
Suoh, dengan tingkat aksesbilitas yang rendah menjadi lokasi yang terkesan jauh dari tempat lainnya, kondisi jalan yang belum rata membuat perjalanan ke Suoh combo-adventurer. Ketika hujan-becek, ketika kering-berdebu. Bukan berarti tidak ada pembangunan, pemerintah sudah berusaha keras dalam membangun daerah ini meski belum mencapai pada titik optimal.




Di dalam kawasan ini juga terdapat Danau Lebar, Danau Asam, dan Danau Belibis. “Danau tiga warna” begitulah danau-danau ini dikenal. Lokasinya berdekatan dengan objek wisata Pasir Kuning yang radiusnya tak begitu jauh dari pletusan (Geothermal).


danau asam
Nama-nama tersebut konon diambil dari kondisi di sekitar danau. Misalnya, nama Danau Asam diberikan karena air danau itu rasanya asam.


danau minyak
Sekitar 300 meter arah selatan Danau Asam terdapat Danau Minyak yang permukaan airnya tampak seperti minyak yang mengambang.

danau belibis



Selanjutnya, Danau Belibis yang namanya diambil dari kawanan burung belibis yang sering datang mencari ikan. Danau Belibis kondisinya tidak terawat dan disekitarnya ditumbuhi ilalang tinggi.





















Potensi Energi

Selain potensi yang terkandung dalam bukit barisan, Suoh juga menyimpan kekayaan energi panas bumi yang begitu besar, Geothermal yang bisa dimanfaatkan untuk pembangkit energi tenaga uap, namun belum dieksplorasi secara teknis, walaupun salah satu perusahaan dari Amerika sedang menyusun strategi baru untuk menguasai didihan panas itu, Chevron.









Suoh hanyalah serpihan kecil dari eksotika yang dimiliki Indonesia. Keaslian alamnya yang tersimpan di balik bukit barisan selatan telah menunjukkan betapa Tuhan telah mengaruniakan negeri yang indah dan harus disyukuri dengan menjaganya. Suoh, Secuil Surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar